Zona Berita

Vaksinasi Covid-19 Mempercepat Menuju Indonesia Sehat





Perubahan media informasi dari analog ke digital yang tak diimbangi dengan kesiapan sarana dan pengetahuan menjadi salah satu ketimpangan yang tak terhindari. Program vaksinasi yang telah dimulai sejak awal tahun dalam perjalanannya sedikit banyak mengalami dinamika hingga hambatan. Tak hanya terkait teknis, hambatan juga terjadi ketika masyarakat justru mengalami penurunan kepercayaan terhadap program tersebut. Sejumlah sentimen negatif dan hoaks yang sengaja dihembuskan oleh pihak-pihak tertentu, sedikit banyak telah mengubah opini publik untuk merasa goyah dengan keberadaan vaksin yang bahannya harus didatangkan dari luar negeri. 

Dalam kasus penanganan sebuah penyakit, tindakan mencegah adalah hal paling baik sebelum mengobati. Vaksinasi merupakan respon sigap pemerintah dalam upaya menurunkan angka sakit, bahkan angka kematian. Vaksinasi juga merupakan upaya pencegahan yang spesifik. Vaksin bekerja dengan cara mengambil sampel virus corona dari beberapa pasien, kemudian membuat antibodi untuk melawan virus tersebut dengan cara menempelkan pada protein virus. Nantinya setelah divaksinasi, sistem kekebalan tubuh dapat merespons infeksi virus corona hidup. Sistem kekebalan tubuh memiliki sel khusus yang disebut sel B yang mungkin menyimpan informasi tentang virus corona selama bertahun-tahun atau bahkan beberapa dekade. Sel B menghasilkan antibodi yang menempel pada virus corona dan mencegah virus memasuki sel. Bila berhasil dilakukan, maka individu sehat, keluarga sehat, tatanan masyarakat sehat, maka produktivitas juga pasti bakal meningkat.

Dalam literasi vaksin, Covid-19 adalah penyakit, maka setiap penyakit harus dicari obatnya, harus disembuhkan, bukan dijadikan bahan omongan atau perdebatan. Virus harus dihalau penularannya. Maka siapapun harus peduli, minimal empati. Bukan sibuk dengan urusan yang “tidak menyembuhkan”. Ikhtiar untuk sehat adalah hal penting karena hanya ada tiga kemungkinan yang bisa membuat Covid-19 lenyap. Yakni, virus tersebut mati bila manusianya sehat dan imunitas tubuhnya kuat, virus itu mati bila lingkungan sosialnya bersih dan pikirannya sehat, atau virus itu mati karena manusianya mati. Vaksin Covid-19 merupakan salah satu upaya konkrit pemerintah. Secara khusus, vaksin juga merupakan salah satu wujud ikhtiar untuk sehat.  Mari dukung program vaksinasi untuk menuju Indonesia lebih sehat.

Categories: Zona Berita

Leave a comment