Zona Tokoh

Yohana, Perempuan Papua Pertama Bergelar Profesor

Profesor Yohana Yembise (sumber: tabloidjubi.com)

Jayapura-Zona Damai: Sejak Rabu (14/11) Yohana dosen FKIP Uncen menjadi perempuan Papua pertama bergelar profesor.

Rektor Universitas Cenderawasih, Festus Simbiak mengatakan, saat ini kampus tersebut telah memiliki dosen perempuan pertama asal Papua yang bergelar profesor, yakni Yohana Yembise.

“Jadi pada Rabu (14/11) kemarin, Yohana Yembise, dosen Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uncen, Papua, saya kukuhkan sebagai guru besar bergelar profesor doktor bidang silabus desain dan material development di auditorium Uncen,” kata Rektor Uncen, Festus Simbiak di Jayapura, Papua, hari ini.

Selain Yohana, lanjut Simbiak, rekan Yohana, Onnie Mentang Lumintang juga menjadi guru besar bergelar profesor doktor bidang sejarah.

Secara terpisah, Yohana Yembisa mengaku, bersyukur dan terima kasih atas pencapaian sebagai guru besar profesor yang diraihnya.

“Terima kasih dan bersyukur kepada Tuhan yang pada kemarin, saya bisa meraih gelar profesor di kampus Uncen. Semoga kepercayaan yang diberikan akan dijalankan dengan baik,” kata Yohana.

Yohana mengungkapkan, ia mengabdi di Uncen karena ingin melayani masyarakat di provinsi itu.

Onnie Mentang Lumintang juga mengatakan hal yang sama. “Rasa syukur dan terima kasih saya berikan kepada keluarga yang selama ini mendukung, baik yang ada di Manado, Jakarta dan Nabire,” katanya.

“Saya harap kedua guru besar yang baru dikukuhkan memberi contoh dan teladan kepada rekan-rekan dosennya di lingkungan kampus. Dan bisa meningkatkan kapasitas di bidangnya masing-masing,” tambah Rektor Uncen, Simbiak.

Saat ini kampus yang berdiri sejak November 1962 telah memiliki delapan fakultas diantaranya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Teknik, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Fakultas Kedokteran.

Dengan tenaga dosen yang memiliki berbagai disiplin ilmu dan jumlahnya mencapai ratusan dosen, baik yang mengajar di S1 dan S2. [Antara]

2 replies »

  1. SELAMAT DAN SUKSES ATAS GELAR PROFESOR yang Baru Dari Wanita Asli PAPUA. Yakin Kelak akan bermunculan lagi Wanita-Wanita Perkasa di bidang Pendidikan dari Tanah Papua. Congratulation to Education Papua. (PETRUS RAHARUSUN, SE)

Leave a comment